Soroti Kualitas Pendidikan di Indonesia, Anies: Perbaiki Kekurangan, Tak Usah Menyalahkan

Bakal calon presiden, Anies Baswedan/RMOL
Bakal calon presiden, Anies Baswedan/RMOL

Setiap pendidik atau setiap guru adalah pemimpin, dan setiap pemimpin adalah guru.


Kalimat tersebut dikutip bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, dari perkataan Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta.

"Bung Hatta mengatakan, 'Setiap pendidik atau setiap guru adalah pemimpin dan setiap pemimpin adalah guru,'" ucap Anies di acara Ancol Jakarta Melayu Festival, Sabtu (26/8).

Karena itulah, Anies menekankan setiap guru harus menyadari perannya. Peran guru, menurut Anies, tak sebatas mengajarkan anak didik, melainkan harus mampu menjadi inspirasi bagi muridnya.

"Harus bisa menggerakkan karena posisinya adalah pemimpin di depan anak didiknya. Ini adalah proses kepemimpinan," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Anies pun menegaskan bahwa kondisi pendidikan merupakan proyeksi masa depan Indonesia. Karena kualitas pendidikan akan berbanding lurus dengan kemajuan bangsa.

"Ketika pendidikan kita berkualitas, InsyaAllah kualitas manusia kita di masa depan akan baik," ucapnya.

Anies pun menyoroti kondisi pendidikan di Indonesia. Menurut Anies, masih banyak yang harus diperbaiki dari sistem pendidikan Indonesia.

"Kita syukuri kemajuan. Kita perbaiki kekurangan, dan tidak usah menyalahkan siapa-siapa. Lakukan hal yang bisa kita kerjakan," tutup Anies.