Lawan Trengganu FC di AFC Cup, Bali United Dipastikan Tak Lolos Fase Selanjutnya

Lawan Trengganu FC di AFC Cup, Bali United Dipastikan Tak Lolos Fase Selanjutnya
Coach Stefano Cuggura, Jelang Bali United FC Lawan Trengganu FC
Coach Stefano Cuggura, Jelang Bali United FC Lawan Trengganu FC

Bali United FC akan melakoni laga terakhir di Grup G ajang AFC Cup 2023 melawan Trenggani FC di Stadion Sultan Mizan Zainal Abidin Rabu (14/12/2023), pukul 20.00 Wita.


Meski masih menjalani laga di ajang internasional tersebut, tim berjuluk Serdadu Tridatu itu sudah dipastikan tidak bisa melanjutkan ke fase berikutnya, lantaran tidak ada mendapatkan peluang untuk bisa bisa menjadi runner up terbaik.

Pertandingan besok adalah kali keenam Bali United berlaga di ajang internasional AFC Cup, dan dipastikan Serdadu Tridatu harus tertinggal dari grup F Zona ASEAN tim Phnom Penh Kamboja dengan poin 12 dan masih memiliki satu lagi yang belum dijalani.

Sementara Bali United FC masih menyisakan satu pertandingan melawan Trengganu besok, tapi miliki 7 poin. Grup H di mana ada perwakilan Indonesia yakni PSM Makasar baru-baru ini mendapatkan hasil imbang dengan jumlah poin 7.

Bali United FC dan PSM Makassar sama-sama memiliki poin 7 dan menutup kemungkinan mereka akan lolos ke fase selanjutnya. jikapun mereka akan menang melawan Trengganu FC mereka hanya kan mendapatkan poin 10, masih tertinggal dari perolehan Phnom Penh Kamboja yang sudah mendapatkan 12 poin di Grup F. 

Untuk kesekian kali Bali United FC gagal melaju ke babak selanjutnya di ajang AFC Cup. Pelatih Bali United FC, Stefano Cuggura mengatakan akan memberikan menit bermain kepada para peminnya yang masih minim jam terbangnya di ajang internasional itu. Hal itu ia lakukan untuk membentuk mental dan kualitas pemain Bali United itu sendiri.

"Melakukan rotasi pemain, pasang pemain yang jarang main. Ini pertandingan terakhir kami di AFC tahun ini, kami sudah tidak bisa melanjutkan ke fase selanjutnya," kata pelatih yang karib disapa Teco itu di Malaysia, Selasa (12/12/2023).

Menurutnya, lantaran sudah tak ada peluang lolos fase grup ASEAN ia lebih memfokuskan program recovery untuk anak asuhannya jelang mereka menghadapi Persib Bandung di ajang kompetisi Liga 1 2023/2024.

Tentu Teco bakal memprioritaskan pemulihan kondisi fisik pemainnya setelah jadwal yang padat untuk Liga 1 ketimbang Piala AFC yang sudah tiada asa lolos dari fase grup. terlihat dari jumlah pemain yang dibawanya jelang menghadapi Trengganu FC tersebut.

"Bali United hanya punya sedikit waktu untuk latihan, recovery dan taktikal. Kami punya banyak laga terdekat. Waktu kami banyak hilang di pesawat, sehingga cuma 17 pemain kami bawa. Kami ingin kondisi fisik bagus, apalagi kami posisi 2 liga 1," ucapnya.

Sementara itu, Illija Spasojevic mengaku meski timnya sudah tidak memiliki peluang lolos AFC CUp 2023 babak selanjutnya, ia bersama rekan-rekannya akan menampilkan permainan terbaik mereka. 

"Besok laga terakhir (AFC CUP 2023) kami dan tidak ada peluang lolos. Kami akan menikmati pertandingan sebagai wakil Indonesia," pungkasnya.