Cegah Kerusakan Tahura Bali, Kodim Badung Ajak Warga Tanam 3.000 Pohon Bakau

Cegah Kerusakan Tahura Bali, Kodim Badung Ajak Warga Tanam 3.000 Pohon Bakau
Cegah Kerusakan Tahura Bali,  Kodim Badung Ajak Warga Tanam 3.000 Pohon Bakau
Cegah Kerusakan Tahura Bali, Kodim Badung Ajak Warga Tanam 3.000 Pohon Bakau

Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Denpasar 1611/Kodim Badung bekerjasama dengan Qnet tanam pohon di kawasan wisata bantaran sungai Taman Pancing Denpasar dan kawasan Taman Hutan Raya (Tahura)


Komandan Kodim/Dandim 1611/Badung, Kolonel Arh Teguh Waluyo mengatakan pihaknya mengajak satuannya bersama pihak terkait dan masyarakat sekitar untuk membersihkan sampah sungai dan kawasan Tahura Bali itu. 

Tak hanya itu Kolonel pihaknya membersihkan sampah sungai dan juga area Tahura, dengan diakhiri menanam pohon ribuan pohon bakau dan pohon jenis lainnya, hal itu juga sebagai salah satu upaya penghijauan di kawasan Kota Denpasar.

"Kami gelar Bhakti TNI yang menyasar pembersihan sungai Taman Pancing dan kawasan Tahura sebagai bukti bahwa TNI juga mencegah kerusakan alam dan menjaganya dengan cara tanam pohon ini," kata dia kepada media di kawasan Taman Pancing Denpasar, Bali, Minggu (28/1/2024).

Nampak dalam kegiatan tersebut, masyarakat Desa Pemogan, Dandim Badung, Kajasdam IX Udayana, Kasdim Badung, Danramil Denpasar Selatan, Kabag SDM Polresta Denpasar, perwakilan QNET, Kepala Desa, tokoh masyarakat Desa Pemogan.

Menurut dia, kegiatan tanam pohon dan pembersihan sampah-sampah sungai agar aliran sungai berjalan lancar dan tidak menimbulkan mampet yang akan berakibat munculnya genangan banjir di musim penghujan.

"Mencegah pencemaran lingkungan adalah kewajiban kita Bersama, kegiatan ini dapat mengambil langkah peduli lingkungan khususnya di bantaran sungai Jalan Taman Pancing ini," ujar dia. 

Dalam kesempatan itu ia meminta masyarakat khususnya warga Denpasar menjaga lingkungan tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan ke dalam sungai. Untuk diketahui bantaran sungai Taman Pancing menjadi lokasi wisata warga sekitar menikmati sunset ataupun lokasi liburan murah saat hari libur.

Sementara itu, General Manager QNET Indonesia, Ganang Rindarko mengatakan kegiatan tanam pohon tersebut bukan kali pertama pihaknya bekerjasama dengan TNI dalam menjaga kelestarian alam di Bali. Sebelumnya Qnet dan TNI pernah melakukan penanaman 3.000 bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali,

"Kami bersihkan bantaran sungai ini dan tanam pohon di area Taman Pancing karena QNET mempunyai visi yang sama untuk menjaga kelestarian alam dan mewariskannya ke anak cucu kita. Hijaukan alam karena akan kita wariskan ke generasi mendatang," pungkas dia.