Bank Indonesia Sebut Tren Penjualan Eceran Alami Peningkatan di Bali

Tren Penjualan Eceran Alami Peningkatan di Bali
Perekonomian Bali Membaik Tren Penjualan Eceran Meingkat
Perekonomian Bali Membaik Tren Penjualan Eceran Meingkat

Kinerja penjualan eceran di Provinsi Bali pada November 2023 diprakirakan meningkat dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini terlihat dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Bali pada November 2023 yang diprakirakan sebesar 106,9 atau secara bulananmeningkat 1,3% dibandingkan periode Oktober 2023 tercatat 105,6.


Meningkatnya penjualan eceran di Bali sejalan dengan membaiknya kondisi perekonomian di Bali, di mana tingkat inflasi Bali November 2023 sebesar 2,77% atau berada pada rentang sasaran inflasi 3%±1%.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Erwin Soeriadimadja menyampaikan tren peningkatan kinerja penjualan eceran di Bali terus terjadi dalam 9 (sembilan) bulan terakhir.

Ia menambahkan, kenaikan tersebut bukti membaiknya kondisi perekonomian Bali yang yang terus tumbuh positif. "Peningkatan penjualan eceran pada bulan laporan lantaran memasuki menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024," kata dia di Denpasar, Kamis (28/12/2023).

Menurut Erwin, tren positif kondisi perekonomian di Bali sejalan dengan pertumbuhan perekonomian di skala nasional. Data Bank Indonesia 20-21 Desember 2023 perekonomian Indonesia tetap tumbuh baik dengan adanya permintaan domestik.

Konsumsi rumah tangga dan investasi tetap tumbuh sejalan dengan keyakinan masyarakat dan berlanjutnya penyelesaian proyek strategis nasional.

Dirinya menjelaskan perkembangan tersebut dikonfirmasi oleh sejumlah indikator utama hingga bulan Desember 2023, seperti keyakinan konsumen, penjualan eceran, dan Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur.

"Meningkatnya kinerja penjualan ritel di Bali didorong kenaikan kelompok barang bahan bakar kendaraan bermotor 6,8%, sub barang lainnya 3,7%, kelompok barang budaya dan rekreasi 3,1%, kelompok barang peralatan informasi dan komunikasi 2,4%," pungkas Erwin.